Anggota DPR RI apresiasi kebijakan subsidi motor listrik bagi UMKM - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Anggota Komisi V DPR RI Novita Wijayanti mengpenghargaan kebijakan Pemerintah atas subsidi motor listrik untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pengguna listrik 450-900 nan bakal efektif diberlakukan pada 20 Maret 2023 mendatang.

"Saya mengpenghargaan kebijakan Pemerintah mengenai subsidi motor listrik nan menetapkan subsidi pembelian motor listrik baru berbasis baterai sebesar Rp7 juta per unit," ujar Novita dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Legislator tersebut berambisi pemberian subsidi dapat memberikan peningkatan produktivitas terutama kepada para pelaku UMKM.

"Kita berambisi pemberian subsidi tersalurkan tetap sasaran sehingga memberikan akibat positif bagi pelaku upaya UMKM," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah resmi memberi subsidi kendaraan listrik, khususnya motor listrik senilai Rp7 juta per unit.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Febrio Nathan Kacaribu mengumumkan subsidi itu ditujukan untuk 200 ribu unit pembelian motor listrik baru tahun 2023.

Motor listrik nan mendapatkan subsidi adalah nan diproduksi di Indonesia dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40 persen lebih.

Target penerima support ini diutamakan UMKM, khususnya penerima KUR dan penerima BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro) dan juga bisa pengguna listrik 450-900 VA. Hal ini untuk mendorong produktivitas dan efisiensi upaya pelaku UMKM.

Sementara itu, Asosiasi Dealer Motor Listrik Indonesia (Ademoli) menyambut baik pemberian subsidi oleh pemerintah untuk pembelian motor listrik hingga Rp7 juta nan mulai bertindak 20 Maret 2023. Ketua Ademoli Indra Novint Noviansyah menilai kebijakan itu sangat pro-masyarakat mini nan mau beranjak ke kendaraan listrik.

Saat ini beberapa dealer motor listrik telah menerima pesanan untuk pembelian dua pekan mendatang nan menunjukkan tingginya animo masyarakat seiring pemberian subsidi tersebut.

Berita lain dengan Judul: Kemenkeu bakal ambil biaya insentif kendaraan listrik dari anggaran BUN

Berita lain dengan Judul: Menperin: Produsen motor listrik naikkan TKDN setelah adanya insentif


Nurul Aulia Badar
COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
    close