Trending

Anggota DPR: PMI korban perdagangan orang di Suriah sudah diselamatkan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Info terakhir dari Direktur WNI Kementerian Luar Negeri bahwa Dede Aisyah sudah dapat ditarik dari rumah majikan ke agensi

Jakarta (BERITAJA.COM) - Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengatakan salah seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) Dede Aisyah diduga korban perdagangan manusia ke Suriah telah sukses diselamatkan.

"Info terakhir dari Direktur WNI Kementerian Luar Negeri bahwa Dede Aisyah sudah dapat ditarik dari rumah majikan ke agensi. Alhamdulillah sedang dalam upaya dibawa ke shelter KBRI," kata Rieke melalui unggahan sosial media @riekediahp dikutip di Jakarta, Senin.

Rieke prihatin dengan Dede Aisyah nang diduga menjadi korban perdagangan orang. Ia berharap, jika kelak sukses ke Indonesia, Dede Aisyah tidak kembali lagi ke luar negeri. Kalaupun kudu menjadi PMI, Rieke mau Dede Aisyah berangkat secara legal. Untuk itu, Dede Aisyah kudu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Suami Dede Aisyah ialah Yongki, nang terhubung telepon video mengucapkan terima kasih kepada Rieke. Ia berterima kasih Rieke telah membantu proses penarikan istrinya dan untuk selanjutnya kembali ke Tanah Air.

"Terima kasih udah mau membantu. Membantu untuk kepulangan istri saya," katanya.

Proses penarikan Dede Aisyah turut dibantu Komisi I DPR, Kemenlu melalui Direktur Perlindngan WNI, dan KBRI Damaskus.

Sebelumnya Rieke prihatin dengan PMI berinisial Dede Aisyah, lantaran terindikasi korban perdagangan manusia. Ia meminta pihak mengenai mengungkap pemasok pengirim Dede Aisyah ke luar negeri.

Dede Aisyah berangkat ke Damaskus awal November 2022 melalui Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian dia berpindah-pindah bekerja ke tiga majikan nang berbeda selama berada di Suriah.

Berita lain dengan Judul: DPR penghargaan terbitnya Permenaker tentang Jaminan Sosial PMI
Berita lain dengan Judul: Kemnaker: Permenaker 4/2023 tingkatkan perlindungan PMI
Berita lain dengan Judul: Puluhan calon PMI NTB ikut training bahasa Jepang-Korea secara gratis

 



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close