Trends

Anggota DPR dorong BPN selidiki legalitas tanah sekitar Depo Plumpang - BeritAja

Sedang Trending 11 bulan yang lalu
beritaja.com

Jakarta (BERITAJA.COM) - Anggota Komisi III DPR RI Andi Rio mendorong Polri dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) menyelidiki legalitas tanah di sekitar Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, nan dipadati oleh rumah penduduk.

Menurut Andi, dalam keterangan tertulis nan diterima di Jakarta, Minggu, Polri dan BPN perlu menyelidiki tanah tersebut telah sesuai dengan prosedur peruntukannya alias justru terjadi pemalsuan jual beli tanah di wilayah tersebut.

"Seharusnya, area steril di sekitar Depo Pertamina dalam radius sekian meter, tapi kenapa ada rumah masyarakat di sekitar depo? Tentunya, ini menjadi tanda tanya besar," kata dia.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI itu juga mendorong Pertamina memastikan kesiapan stok bahan bakar minyak (BBM) usai terjadinya ledakan di Depo Pertamina Plumpang tersebut. Dengan demikian, lanjutnya, kelangkaan BBM di tengah masyarakat dapat dihindari.

"Pastikan stok BBM kondusif dan Pertamina kudu dapat memandang akibat pasca-ledakan depo terhadap lingkungan sekitar, apakah tetap ada unsur rawan dan mempengaruhi kesehatan penduduk sekitar," ujar dia.

Andi pun menyampaikan turut bersungkawa cita atas peristiwa kebakaran di Depo Pertamina Plumpang itu dan para korban jiwa serta korban luka ledakan depo Pertamina itu. Ia lampau meminta abdi negara kepolisian untuk melakukan investigasi secara menyeluruh mengenai dengan penyebab peristiwa tersebut.

"Saya prihatin dan sedih dengan banyaknya korban jiwa. Kepolisian kudu mengusut tuntas peristiwa tersebut apakah lantaran kesalahan teknis alias human error (kesalahan manusia), kata Andi.

Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, mengalami kebakaran pada Jumat (3/3) sekitar pukul 20.00 WIB. Kemudian, api bisa dijinakkan sekitar pukul 23.00 WIB.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menerjunkan 52 unit mobil pemadam dan sekitar 250 personel untuk membantu proses pemadaman di lokasi.

Berita lain dengan Judul: Presiden: Kondisi tanah hambatan bangun "buffer zone" Plumpang

Berita lain dengan Judul: Erick Thohir dan Pemprov DKI cari solusi usai kebakaran Plumpang



COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023





Baca Juga:
  • Bahasa Banjar Translate dan Artinya
  • Pantun Bahasa Banjar
  • 10 Tanda Baca dalam Alquran
  • Terkini! Waktu Sholat Banjarmasin
  • Lengkap A-Z, Rekomendasi Nama Nama Bayi Laki Laki Islami dan Artinya
  • Lengkap! A-Z, Nama Nama Bayi Perempuan Islami dan Artinya


  • Kategori:



    Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di



    close