Trending

AirAsia terbangi Kuala Lumpur-Balikpapan 2 kali seminggu - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Sekarang sudah bisa langsung ke Singapura, sekarang langsung ke Kuala Lumpur, itu bisa menghemat waktu, mungkin juga biaya, nan lumayan,

Balikpapan (BERITAJA.COM) - Maskapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia membuka rute Kuala Lumpur-Balikpapan-Kuala Lumpur 2 kali seminggu setiap Rabu dan Jumat dengan pesawat Airbus 320 berkapasitas 180 penumpang.

“Penerbangan pertama dari Kuala Lumpur mendarat Rabu (8/3), kemudian segera kembali ke Kuala Lumpur,” kata General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Sepinggan Ahmad Syaugi Shahab, Kamis.

PT Angkasa Pura I Cabang Sepinggan adalah pengelola Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Berita lain dengan Judul: Penerbangan Tokyo-Manado dibuka, WNI asal Sulut di Jepang antusias

Pada penerbangan perdana itu, pesawat AirAsia AK-482 mengangkut 63 penumpang dari Bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) dan membawa 68 penumpang dari Balikpapan. Lama penerbangan lebih kurang 2 jam 30 menit. Pada Jumat, nan melayani adalah AirAsia AK-483.

“Rute baru ini memberi banyak pilihan bagi kami,” kata Yongci, salah satu penumpang nan baru turun dari pesawat nan datang dari KLIA.

KLIA, lantaran kebutuhan beragam latar belakang etnis di Malaysia, mempunyai jalur penerbangan nan tidak dilayani dari airport hub di Indonesia seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta ataupun Djuanda, Surabaya; termasuk Ngurah Rai, Bali, juga Lombok Praya di Lombok. Tidak ada penerbangan dari Indonesia nan langsung ke Kathmandu, Nepal, misalnya. Semuanya mengharuskan transit di Singapura atau Kuala Lumpur, alias Bangkok.

“Sekarang sudah bisa langsung ke Singapura, sekarang langsung ke Kuala Lumpur, itu bisa menghemat waktu, mungkin juga biaya, nan lumayan,” kata Adri nan biasa memandu perjalanan wisata dengan minat khusus.

Berita lain dengan Judul: Kemenhub: Penerbangan Xiamen-Bali berakibat positif buat pariwisata

Memasuki 2023 ini, seiring dengan pandemi COVID-19 nan semakin bisa diatasi, Bandara Sepinggan melayani 2 rute penerbangan internasional, ialah Balikpapan-Singapura dan Balikpapan-Kuala Lumpur.

Kru pesawat Air Asia AK-482 saat seremoni penyambutan di terminal kehadiran Bandara Sepinggan Balikpapan, Rabu 8/3/2023. (BERITAJA.COM/HO-AP 1)

Sebelumnya kedua rute pernah berjaya, terutama Balikpapan-Singapura untuk melayani para ekspatriat migas di Kota Minyak. Sebagian malah tetap tinggal di Singapura, alias menyekolahkan anaknya di negara kota itu, sementara Balikpapan hanya jadi tempat transit menuju anjungan minyak lepas pantai.

Kini rute Balikpapan-Singapura dilayani oleh Scoot Airlines, bagian dari Singapore Airlines Group seperti SilkAir.

Pembukaan kembali rute ini diyakini atas optimisme maskapai-maskapai tersebut, baik Scoot maupun Air Asia bakal pertumbuhan di Balikpapan dan terutama perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia dari Jakarta ke Nusantara, kota baru nan sedang dibangun di sebelah utara Balikpapan. 

Novi Abdi

COPYRIGHT © BERITAJA.COM 2023







Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close