Trending

Advertorial- DPRD Banjarmasin sahkan Perda penanggulangan kemiskinan - BeritAja

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Banjarmasin (BERITAJA.COM) -

DPRD Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mensahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang penanggulangan kemiskinan pada 16 Maret 2023.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Tugiatno menyampaikan, Perda ini merupakan revisi Perda Nomor 14 tahun 2011, untuk meningkatkan peran pemerintah kota menangani kemiskinan.

Tugiatno pun berharap, dengan disahkannya Perda ini penanganan kemiskinan di Kota Banjarmasin bisa maksimal, baik melalui kebijakan maupun alokasi anggaran di APBD.

Menurutnya, revisi Perda tentang penanggulangan kemiskinan tersebut merupakan inisiatif majelis nang diajukan sejak tahun 2022.

Dinyatakan dia, pembahasan rancangan peraturan wilayah (Raperda) sebelumnya sudah melalui tahapan nang serius, hingga dikonsultasikan ke Kementerian Sosial (Kemensos) RI.

Karenanya, kata dia, Perda ini sebagai landasan untuk pengentasan kemiskinan di Kota Banjarmasin, nang menurut info Dinas Sosial Kota Banjarmasin ada sebanyak sebanyak 77.243 KK alias 210.400 jiwa penduduk miskin hingga akhir 2022.

"Di Perda ini mengatur gimana penyaluran bantuan, termasuk program support pemberdayaan wira upaya bagi penduduk miskin, artinya pemerintah kota tidak kudu lagi semuanya tergantung pemerintah pusat, ada bagian lain untuk ditetapkan kebijakan salurkan support sosial bagi penduduk miskin," demikian kata Tugiatno.

Selain Perda itu, disahkan juga tiga Perda lainnya pada rapat paripurna tersebut, yakni, Perda tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Banjarmasin, Perda tentang Ekonomi Kreatif Kota Banjarmasin.

Terakhir Perda tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Masyarakat Kota Banjarmasin.

Berita lain dengan Judul: Tanah Bumbu telaah penanganan kemiskinan berbareng Kemenko PMK

DPRD Kota Banjarmasin saat gelar rapat paripurna pengesahan empat Perda, salah satunya Perda tentang penanggulangan kemiskinan pada 16 Maret 2023. (BERITAJA.COM/HO-Humas Pemkot Banjarmasin.)






Silakan baca konten menarik lainnya dari Beritaja.com di
close